Untuk menyimpan makanan agar bisa di gunakan dalam beberapa hari ke depan, tentunya anda memakai mesin pendingin seperti kulkas bukan. Namun, apakah anda tahu ada satu komponen yang berfungsi sebagai otomatis pengatur suhu di dalam ruangan kulkas tersebut. Sebuah komponen yang bernama thermostat.
Nah, kali ini www.serviceacsurabayatehnik.com akan membahas Fungsi pengertian thermostat pada kulkas dan cara kerjanya. Baiklah langsung saja kita simak ulasanya, sebagai berikut:
fungsi thermostat pada kulkas dan cara kerjanya



 PENGERTIAN DAN FUNGSI THERMOSTAT PADA KULKAS
Thermostat adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai pengatur temperature suhu pada kulkas. Ini juga bisa berfungsi sebagai pengatur kapan mesin harus bekerja dan kapan mesin akan mati (stundby). Semua jenis pendingin biasanya juga menggunakan thermostat untuk mengatur suhu. Seperti pada AC juga ada, atau lebih sering kita sebut dengan thermistor.

Jadi apabila temperature pada kulkas sudah mencapai sudah mencapai suhu seperti yang telah kita setting, maka thermostat ini akan memutus arus listrik ke dalam kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja atau dalam posisi stundby. Dan jika suhu temperature di dalam kulkas sudah mulai naik kembali, maka thermostat akan kembali bekerja dengan kembali menghubungkan arus listrik ke dalam kompresor, hingga suhu temperature di dalam kulkas kembali menurun. Begitu seterusnya.

BAGAIMANA CARA KERJA THERMOSTAT
Thermostat disini memanfaatkan sensor yang di dalamnya terdapat gas yang bisa berubah apabila di dinginkan. Jika sensor berada pada lingkungan yang bersuhu rendah, maka gas yang berada di dalamnya akan menurun tekanannya. Perubahan tersebut yang menyebabkan kontak switch yaitu dari status keadaan tertutup menjadi keadaan terbuka. Semakin turun suhu yang mengenai sensor, maka akan semakin turun juga nilai tekanan gas yang berada di dalamnya.

Untuk memberi batasan pada tekanan aturlah pada posisi berapa kontak swicth akan berubah. Thermostat menggunakan sebuah knop. Dalam kata lain, perubahan kontak thermostat tersebut dapat di setting sesuai dengan kebutuhan kita.

Biasanya pada knop terdapat angka 1,2,3,4, sampai 5. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah temperature yang dibutuhkan untuk membuka kontak switch. Jadi, jika kita menginginkan mengatur kulkas pada suhu yang paling dingin, harus ke angka yang paling tinggi. Jangan sebaliknya.

Sampai disini mungkin ada yang bertanya bagaimana jika thermostat tersebut rusak atau tidak memakai thermostat tersebut ??

Yang pasti mesin kompresor tidak hidup dan kulkas menjadi tidak dingin, ini disebabkan tidak adanya arus listrik ke dalam mesin kompresor. Karena sistem kelistrikan pada kulkas saling berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Dan bila dilangsungkan atau tidak memakai thermostat, mesin kompresor akan terus menyala tidak bisa berada dalam posisi standby dan bisa mengakibatkan mesin cepat rusak (jebol) karena bekerja secara terus-menerus.

KESEMPULANNYA ADALAH 
Seperti yang sudah kami singgung di atas, jadi fungsi thermostat pada kulkas serta cara kerjanya yaitu berfungsi sebagai pengatur suhu otomatis untuk mengatur temperature pada kulkas. Suhu tersebut dapat kita setting dengan cara merubah angka pada thermostat dengan cara memutar knop. Semakin tinggi angka pada knop, maka kulkas akan semakin dingin. Dan harus anda ingat, angka pada knop tersebut bukanlah angka berapa drajad celcius suhu pada kulkas ya. Itu angka yang berfungsi sebagai pembatas seberapa kontak switch akan berubah.

Demikianlah ulasan mengenai Fungsi Thermostat pada kulkas serta cara kerjanya semoga bermanfaat bagi anda dan sedikit menambah wawasan anda. Jika anda masih bingung atau ingin menanyakan masalah yang terjadi pada kulkas anda silahkan ajukan pertanyaan anda melalui kolom komentar yang berada di bawah atau langsung menghubungi contac service kami. Terima Kasih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama