Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Sesama dan Operator Lain

Smartfren merupakan salah satu penyedia jasa layanan operator jaringan seluler. Smartfren juga memiliki fitur transfer pulsa, dimana pengguna bisa melakukan kirim pulsa ke sesama smartfren maupun operator lain.

Cara transfer pulsa, bukan hanya ada di smartfren saja, melainkan ada juga di Telkomsel, Indosat, Tri, Axis, bahkan XL. Simak teruss yaa !!!

Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Sesama Smartfren

Cara transfer pulsa ke sama-sama Smartfren ini dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu lewat SMS, code dial atau aplikasi mySF. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini !!!

1. Menggunakan Kode Dial

Cara yang pertama untuk transfer pulsa smartfren adalah menggunakan kode dial. Keunggulan cara ini ialah karena dianggap lebih mudah dan cepat. Sangat cocok bagi Kamu yang ingin mentransfer pulsa dengan cepat. Berikut ini langkah-langkah nya:

  1. Buka menu telepon di hp Kamu
  2. Ketik *879# lalu OK/Panggil
  3. Masukkan nomor penerima dan jumlah transfer pulsa
  4. Ikuti proses selanjutnya, hingga Kamu mendapatkan notifikasi transfer pulsa berhasil

2. Lewat SMS

Cara transfer pulsa smartfren selanjutnya adalah lewat SMS. Sama saja seperti melakukan SMS biasa pada umumnya. Hanya saja bedanya terletak pada peletakan format . Berikut dibawah ini langkah-langkahnya yaitu:

  1. Buka menu SMS di hp Kamu
  2. Ketik SMS dengan format " Kirim.(Nomor Penerima).(Nominal) "
  3. Kirim SMS ke 879

Tunggu proses beberapa sampai Kamu mendapat balasan SMS dari Smartfren yang mengatakan bahwa transfer pulsa sudah berhasil.

Namun, jika cara ini gagal, Kamu perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang ada.

3. Melalui Aplikasi MySF

Sama seperti operator jaringan seluler yang lain, smartfren juga memiliki aplikasinya sendiri yaitu mySF. Tujuan aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi, seperti cara cek nomor smartfren. Berikut ini langkah-langkahnya!!

  1. Terlebih dahulu, download dan install aplikasi mySF di hp Kamu, melalui Google PlayStore atau AppStore
  2. Selanjutnya login menggunakan nomor smartfren Kamu
  3. Masuk ke menu E-Pulsa dan masukkan nomor penerima dan jumlah nominal transfer pulsa yang akan Kamu kirim
  4. Kemudian masukkan kode M-PIN Kamu
  5. Lalu klik tombol Kirim atau Submit

Perlu diperhatikan, sebelum melakukan transfer pulsa, periksa kembali nomor penerima dan jumlah transfer yang akan Kamu kirim.

Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Operator Lain

Cara transfer pulsa Smartfren ke operator lain dapat Kamu lakukan dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini, seperti yang dilansir dari smartfren.com.

  1. Buka aplikasi pesan atau SMS di hp Kamu
  2. >Buat pesan baru
  3. Ketik pesan baru yang berisi nomor tujuan yang akan menerima transfer pulsa dari Kamu. Periksa terlebih dahulu apakah nomornya sudah pas atau belum.
  4. Setelah itu, kirim SMS tersebut ke 7000
  5. Tunggu beberapa saat, Kamu akan mendapatkan balasan untuk konfirmasi pengiriman pulsa
  6. Selanjutnya balas dengan huruf ' Y ' untuk mengkonfirmasi transfer pulsa
  7. Terakhir, Kamu akan mendapatkan notifikasi SMS yang menyatakan bahwa transfer pulsa sudah berhasil dikirim

Perlu untuk diingat bahwa pulsa yang sudah berhasil dikirim tidak dapat ditarik kembali. Jadi pastikan dulu nomor tujuan si penerima pulsa sudah benar.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain

Agar Kamu bisa berhasil melakukan cara transfer pulsa smartfren, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu untuk Kamu ketahui. Dengan memperhatikan syarat ini, Kamu akan semakin mudah untuk melakukan transfer pulsa smartfren, entah itu ke sesama smartfren sendiri atau ke operator lain.

Syarat transfer pulsa smartfren ke operator lain:

  • Jumlah pulsa yang dapat ditransfer ke sama-sama Smartfren atau ke operator lain ialah minimal Rp 1.000 dan untuk jumlah maksimal nominal transfer adalah Rp 100.000
  • Nominal jumlah pulsa yang ditransfer berkelipatan Rp 1.000 misalkan Rp 1.000, Rp 2.000, dan sebagainya.
  • Untuk dapat mentransfer pulsa, pengirim harus mempunyai pulsa tersisa minimal Rp 5.000. Jika ada di bawah nominal itu, tidak dapat melakukan transfer pulsa Smartfren dan transfer akan tidak berhasil.
  • Biaya transfer pulsa smartfren adalah sebesar Rp 2.000 dan dikenakan kepada pengirim. Jadi, jika Kamu akan mentransfer pulsa sebesar Rp 50.000, maka biaya keseluruhannya menjadi Rp 52.000.
  • Batas maksimal transfer pulsa ke operator lain adalah sebanyak 20 kali per hari. Jadi, jika sudah mencapai batas tersebut, transfer pulsa bisa dilakukan lagi di hari berikutnya.

Setelah penerima sudah menerima transfer pulsa dari pengirim, masa aktif nomor penerima juga akan mendapatkan tambahan. Berikut ini informasi nya:

Jumlah Transfer   (Rp) Biaya Transfer (Rp) Masa Aktif si Penerima
1 hingga 5.000 500 1 Hari
5.001 hingga 10.000 1.000 3 Hari
10.001   hingga 20.000 1.500 7 Hari
20.001 hingga 50.000 2.000 10 Hari
50.001   hingga 100.000 2.500 15 Hari

Demikianlah cara transfer pulsa smartfren ke sesama dan operator lain. Semoga artikel ini membantu para pengguna kartu smartfren yang ingin melakukan transfer pulsa smartfren.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama