Cara Menjadi Dropshipper Pemula Tanpa Modal

Cara Menjadi Dropshipper Pemula Tanpa Modal - Bagi Kamu yang ingin tahu cara menghasilkan uang dari internet, Kamu bisa menjadi seorang dropshipper, hal ini khususnya sebagai cara menghasilkan uang dari shopee.

Kamu belum paham apa itu dropship?

Baik, paltycox.com menyediakan artikel yang membahas konsep dasar dropship dan cara menjadi dropshipper serta hal-hal yang harus Kamu persiapkan sebelum memulai bisnis online dropship ini.

Apa Itu Dropship?

Dropship ialah mekanisme pemasaran di mana Kamu sebagai dropshipper menjual produk dari vendor (supplier) langsung ke konsumen tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.

Untuk proses pengemasan dan pengiriman barang kepada konsumen akan dilakukan oleh supplier Kamu, dan nama pengirimnya menggunakan nama Kamu sebagai dropshipper.

Jadi dropshipper itu apa? Dropshipper adalah pihak yang berperan untuk menjual produk/barang dan sebagai perantara antara pembeli dan supplier untuk melakukan proses jual beli produk.

Kesimpulan bisnis dropship adalah sebuah metode bisnis yang dilakukan dengan cara menjual produk si supplier dengan harga yang lebih tinggi namun pengiriman tersebut menggunakan nama Kamu.

Cara Kerja Dropship

Begini cara kerja dropship agar Kamu lebih paham untuk menjadi seorang dropshipper:

  1. Kamu menaikkan harga dari produk si supplier
  2. Konsumen membeli produk Kamu
  3. Kamu memesan produk tersebut kepada supplier
  4. Kemudian supplier mengirim produk kepada konsumen menggunakan nama Kamu sebagai pengirim
  5. Terakhir Kamu menerima keuntungan dari selisih harga yang sudah Kamu naikkan sebelumnya

Bisnis dropship memiliki keuntungan dan rintangan tersendiri yang bisa Kamu jadikan sebagai acuan untuk menjadi seorang dropshipper.

Keuntungan Bisnis Dropship

Berikut ini keuntungan bisnis dropship :

1. Mudah Dilakukan Pemula

Keuntungan bisnis dropship yang pertama adalah mudah dilakukan pemula. Kenapa demikian? Karena Kamu hanya perlu gadget dan koneksi internet yang lancar untuk memulai sebuah bisnis dropship ini.

Kamu tidak perlu mengikuti procedure bisnis yang akan membuat Kamu pusing tujuh keliling atau mengikuti syarat dan ketentuan khusus untuk membuka sebuah bisnis.

2. Tanpa Modal

Kedua bisnis dropship ini tanpa modal, kenapa dibilang tanpa modal? Karena Kamu memerlukan koneksi internet atau membeli paket data internet. Hah? Bukankah ini disebut dengan modal?

Bisa dibilang juga ini modal, tetapi Kamu tidak melakukan bisnis dropship juga membeli paket data internet juga kan?

Bisnis ini tidak perlu menyewa tempat dan menyetok barang, karena bisnis ini semua dilakukan secara online.

3. Banyak Pilihan Produk

Karena bisnis dropship tidak perlu menyetok barang, maka Kamu yang ingin menjadi dropshipper bisa menjual berbagai produk dari berbagai supplier dan perlu diingat, supplier Kamu semua harus satu kota.

Kenapa harus satu kota? Karena jika beda-beda kota, Kamu akan kesulitan untuk mengatur ongkos kirim barang.

4. Resiko Bisnis Rendah

Selanjutnya, keuntungan menjadi seorang dropshipper adalah resiko yang akan Kamu dapati cukup rendah. Satu-satunya hal yang harus Kamu perhatikan adalah Kamu harus memiliki supplier harus yang terpercaya, terlebih lagi dalam hal komunikasi harus lancar.

Hal ini untuk memastikan ketersediaan barang dan cara pengiriman barang tersebut kepada konsumen.

5. Lebih Fleksibel

Karena bisnis ini dilakukan secara online, Kamu bisa bekerja darimana saja bermodalkan gadget seperti hp atau laptop.

Dan pastikan Kamu harus merespon cepat calon pelanggan dan berkomunikasi yang baik dengan supplier Kamu

Cara Menjadi Seorang Dropshipper Pemula dan Memulai Bisnis Drophsip

Setelah sudah paham tentang dropshipper dan bisnis dropship. Adapun dibawah ini cara menjadi dropshipper yang dikutip dari berbagai sumber yaitu :

1. Tentukan Produk yang Pasarnya Luas

Sebelum terjun ke dunia bisnis dropship, Kamu harus menentukan produk apa yang ingin Kamu jual dan pangsa pasar juga harus luas. Jangan asal-asalan menentukan produk, karena Kamu ingin menjual dan ingin cepat ada konsumen.

Gunakan analisis SWOT untuk menentukan kelebihan, kekurangan, ancaman, dan peluang bisnis.

Kamu juga bisa bisa menggunakan Google trends untuk mengecek produk tersebut sedang tren atau tidak. Dan lakukan riset mengenai produk jualan online terlaris yang akan membuat Kamu untung.

2. Tentukan Supplier

Setelah Kamu sudah menentukan produk apa yang ingin Kamu jual, selanjutnya Kamu harus menentukan supplier. Pastikan supplier Kamu memiliki produk yang berkualitas.

Kumpulkan beberapa data supplier dan lihat perbandingan dari segi krediabilitas, kebijakan dan kualitas produk mereka.

Jika supplier Kamu salah, maka membuat bisnis Kamu akan jadi lebih sulit.

3. Tentukan Harga Jual Produk

Kamu harus melakukan riset terhadap harga jual dari produk, hal ini guna untuk mencari tahu harga para pesaing yang menjual produk yang sama. Jangan buat harga yang terlalu murah, karena bisnis Kamu akan kurang menguntungkan.

4. Bangun Brand

Brand identitas adalah sebagai pembeda dari brand lain. Sementara brand untuk bisnis dropship merupakan peran untuk mengenalkan nilai dan visi dari bisnis Kamu.

Bukan hanya itu, membangun brand bertujuan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan Kamu. Branding yang kuat akan membuat toko semakin mudah diingat oleh orang.

5. Buat Website Bisnis Kamu

Bisnis e-commerce sedang populer dibelahan dunia ini, banyak konsumen yang melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli produk. Jadi sebelum untuk lebih mendalam masuk dunia bisnis dropship, membuat website menjadi langkah awal Kamu untuk memulainya.

Berikut ini cara membuat website untuk memulai bisnis dropship :

1. Pilih Nama Domain

Ditoko konvensional, konsumen memerlukan alamat untuk menemukan toko dan membeli produk. Nah, untuk bisnis online, Kamu memerlukan alamat berbentuk nama domain. Tentukan nama domain yang gampang diingat dan sesuai dengan bisnis Kamu.

2. Buat Toko Online

Setelah sudah memilih nama domain, buat toko online Kamu, bisa menggunakan wordpress agar lebih mudah.

3. Buat Sistem Pembayaran yang Aman

Semua toko online harus memiliki sistem pembayaran yang aman dan jaminan keamanan transaksi.

Jika tak keberatan untuk membayar biaya admin pada setiap penjualan, Kamu juga bisa membuka toko online menggunakan media marketplace seperti shopee, lazada, tokopedia, bukalapak dan lainnya.

6. Promosikan Bisnis Kamu

Setelah hal diatas sudah Kamu lakukan, selanjutnya tinggal mempromosikan bisnis agar konsumen datang kepadamu dan membuat keuntungan.

Ada beberapa strategi pemasaran digital (Digital Marketing) guna untuk memasarkan bisnis Kamu. Karena saat ini digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang cukup efektif.

1. SEO

Banyak orang yang mencari berbagai informasi hanya dari internet. Akan jauh lebih baik, jika Kamu melakukan promosi secara online.

Salah satunya promosi yaitu SEO (Search Engine Optimization). Dengan melakukan teknik SEO, maka peringkat website Kamu di mesin pencari akan semakin naik.

Nantinya, jika peringkat website sudah berada dihalaman pertama, maka website Kamu akan banyak dikunjungi oleh calon pelanggan. Dengan begitu, maka peluang untuk naiknya angka penjualan akan semakin tinggi.

2. Iklan Berbayar (PPC)

Ada cara lain untuk membuat peringkat website Kamu berada dihalaman pertama mesin pencari, yaitu menggunakan search engine marketing (SEM).

Bedanya dengan SEO, PPC ini mewajibkan Kamu untuk membayar sejumlah biaya agar website toko online Kamu berada dihalaman pertama mesin pencari.

Biayanya dihitung dari perklik iklan tersebut, jika semakin sering diklik maka biaya pun akan semakin mahal.

PPC juga bisa dilakukan di platform sosial media, seperti facebook dan instagram yang menargetkannya pada demografis tertentu.

3. Promosi Melalui Email Marketing

Agar Kamu tidak kehilangan pelanggan, sebaiknya Kamu harus melakukan komunikasi dengan pelanggan melalui email marketing. Tetapi, bagaimana cara agar bisa menghasilkan yang efektif dari email marketing ini?

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengumpulkan data email pelanggan dengan cara memberikan produk gratis ongkir, produk ada diskon dan penawaran menarik lainnya melalui sistem Subscribe.

Selanjutnya, buat campaign pemasaran melalui email dan kirimkan newsletter, penawaran spesial, email otomatis (trigger email). Strategi ini berguna untuk mempertahankan hubungan Kamu dengan pelanggan.

Kelemahan Bisnis Dropship

Memang menjadi seorang dropshipper sangat menjanjikan dan ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui sebelum menjadi seorang dropshipper.

Berikut kelemahan bisnis dropship:

1. Persaingan Ketat

Banyak orang yang menjalankan bisnis dropship dan ini menjadi sebuah alasan bagi Kamu untuk membuat bisnis harus unik atau tampil beda dari yang lain.

Jadi, pastikan Kamu memaksimalkan segala upaya untuk memulai cara menjadi dropshipper.

2. Supplier Bermasalah

Bisnis dropship Kamu bisa saja gagal, jika Kamu salah dalam menentukan supplier. Misalnya kesalahan supplier seperti, pengemasan barang buruk, proses pengiriman yang bermasalah dan juga respon yang lama.

3. Sulit Mengelola Persediaan Barang

Kamu harus lebih sering memastikan ketersediaan barang kepada supplier agar sesuai dengan jumlah barang yang ada di website toko online Kamu.

4. Bantuan Pelanggan

Kamu adalah satu-satunya orang yang harus berkomunikasi dengan pelanggan. Jika ada sesuatu masalah yang terjadi, maka Kamu harus siap dan sabar mendengarkan keluhan mereka.

Kesimpulan Cara Menjadi Dropshipper

Nah, setelah Kamu sudah paham apa itu bisnis dropship dan cara kerja dropship, pasti Kamu sudah memiliki gambaran yang jelas jika ingin menjadi seorang dropshipper.

Memang, seperti usaha atau bisnis pada umumnya, bisnis dropship ini juga memiliki keuntungan dan kelemahan dan hampir setiap bisnis mempunyai hal tersebut.

Jika Kamu menjalankan bisnis dropship secara konsisten dan telaten, maka tidak menutup kemungkinan, Kamu pasti bisa sukses di bisnis dropship ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama