Membuka bisnis online tidaklah hal yang sulit. Banyak sekali peluang bisnis online yang bisa Kamu lakukan dengan berbagai inovasi. Bahkan Kamu bisa melakukan jualan online tanpa modal dan stok barang untuk meraih keuntungan dengan berjualan.

Meski dikatakan tidak sulit, Kamu pun harus mempertimbangkan berbagai faktor untuk mengoperasikan sebuah bisnis, seperti produk yang ingin dijual, supplier, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi jualan online tanpa modal dan stok barang, jika Kamu belum mendapatkan supplier yang pas.

Apabila Kamu sudah bertekad dan Kamu ingin memulai sebuah bisnis tetapi belum memiliki modal dan stok barang. Tenang saja, Kamu bisa melakukan bisnis online tanpa modal dengan menggunakan berbagai sumber daya, karena sekarang teknologi sudah semakin canggih dan cara menghasilkan uang juga semakin mudah. Jadi bagaimana caranya? Simak penjelasan dibawah berikut ini !!!

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Menjadi dropshipper merupakan jawaban dari pertanyaan bagaimana cara jualan online tanpa modal dan stok barang.

Bisnis dropship tidak membutuhkan modal dan juga tidak perlu melakukan stok barang. Bisnis ini sudah cukup populer dan telah banyak dilakukan banyak orang terutama para mahasiswa. Mereka bisa berjualan melalui situs marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada atau bahkan mereka membuat website sendiri untuk membuka toko online. Hal ini termasuk usaha rumahan yang menjanjikan.

Apa Itu Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah sebuah model bisnis, dimana penjual tidak perlu menyetok barang. Biasanya dropship dilakukan oleh para reseller yang berjualan secara online melalui sosial media atau marketplace.

Cara Kerja Dropship

Seorang dropshipper hanya melakukan pemasaran dan menjual produk dari pemasok tanpa harus membeli terlebih dahulu (menyetok barang). Berbeda dengan reseller yang harus membeli produk lalu menjualnya kembali.

Jika terjadi pembelian, maka dropshipper akan membeli produk dari supplier (pemasok) dan langsung dikirim kepada konsumen menggunakan atas nama si dropshipper. Istilahnya disini dropshipper sebagai perantara konsumen dengan supplier.

Seorang dropshipper lebih berfokus untuk melakukan promosi online dan strategi pemasaran agar bisa mendapatkan pelanggan atau konsumen.

Berapa Penghasilan Seorang Dropshipper

Beberapa teman tim paltycox.com sudah menjadi seorang dropshipper. Mereka mengatakan penghasilan dari bisnis dropship dapat dikatakan lumayan. Saat ini mereka sudah mendapatkan penghasilan dari dropshipper sebesar $1-2k per hari. Sementara untuk toko dropshipping yang lebih besar, bisa mencapai $10k, bahkan $100k per hari.

Tentu saja harus ditekunin dan bekerja dengan giat. Kamu yang masih pemula pasti bisa mendapatkan penghasilan seperti itu hanya dari bisnis dropship aja.

Tips Dropship Agar Sukses

Jika Kamu tertarik melakukan jualan online tanpa modal dan stok barang alias dropship. Simak penjelasan dibawah ini meliputi persiapan dan pelaksanaan bisnis tersebut.

Hal yang terpenting dan harus Kamu lakukan adalah memiliki koneksi internet dan perangkat hp atau laptop untuk bekerja.

1. Produk Apa yang Ingin Kamu Jual?

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah pilih produk apa yang ingin Kamu jual. Bisa Kamu mulai dengan produk kesukaan Kamu dan sudah Kamu ketahui seluk beluk produk tersebut ketika konsumen nantinya bertanya.

Misalnya Kamu suka tentang fashion muslim, seperti hijab. Jadi ketika ada calon pelanggan yang bertanya tentang hijab Kamu sudah pasti bisa menjawabnya.

Kamu juga bisa melakukan riset terlebih dahulu melalui media sosial atau platform e-commerce yang terlaris untuk membantu Kamu dalam memilih produk yang ingin Kamu jual.

2. Buat Akun Sosial Media

Karena sosial media sudah semakin populer, Kamu bisa berjualan online tanpa modal dan stok barang disana. Kamu tidak perlu memiliki toko fisik, hanya toko online saja untuk mempromosikan produk Kamu. Dengan memiliki akun sosial media untuk bisnis, Kamu sudah menjadi seorang pemilik toko.

Cantumkan segala informasi yang bisa membantu untuk mendapatkan pelanggan, seperti nomor hp, transaksi pembayaran dan lain sebagainya.

3. Cari Supplier yang Terpercaya

Jika Kamu melihat, banyak diluar sana para penjual yang siap melayani reseller produk mereka dengan sistem dropship. Dengan begitu Kamu tidak memerlukan modal uang.

Karena sistem dropship ini memungkinkan Kamu menerima pesanan meskipun tidak memiliki produk (melakukan stok barang). Jadi ketika terjadi pembelian, Kamu langsung menghubungi supplier agar barang langsung dikirim kepada konsumen.

Cara Mencari Supplier :

  • Secara online: melalui forum diskusi dan sosial media
  • Secara offline: melalui seminar dan organisasi

4. Jalin Hubungan Baik dengan Supplier

Agar bisnis dropship Kamu lancar, kamu harus menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan supplier Kamu.

5. Posting Produk Secara Konsisten

Jika ingin bisnis agar mendapat keuntungan, Kamu harus yakin dan juga harus serius dalam menjalankan sebuah bisnis. Salah satu caranya ialah Kamu harus konsisten memposting produk Kamu. Jangan hanya diawal-awal aja semangatmu membara yang akan cepat menghabiskan stamina Kamu.

Lakukanlah dengan tekun dan konsisten. Setelah sudah terjadi pembelian, jangan lupa untuk memposting testimoni juga dari pelanggan. Hal ini akan membantu bisnis Kamu untuk terlihat semakin profesional.

6. Lakukan Berbagai Promosi

Meskipun tidak memiliki modal yang banyak. Kamu tetap bisa melakukan promosi terhadap bisnis Kamu.

Misalnya, beli 3 produk dan dapatkan gratis 1 produk.

Ya, begitulah kira-kira agar menarik perhatian calon pembeli. Lakukan promosi sesuai dengan inovasi Kamu, jangan hanya meniru mulu, minta pendapat orang lain mulu. Namun, berinovasi lah!!

7. Gunakan Relasi atau Koneksi

Selain melakukan promosi seperti yang dikatakan diatas, Kamu juga bisa menggunakan relasi, koneksi atau teman dan keluarga Kamu untuk menyebarluaskan produk yang Kamu miliki. Karena disini Kita berbicara jualan online tanpa modal. Namun, jika Kamu 'mau' untuk mengeluarkan modal sedikit, iklankan produk Kamu .

Dengan adanya sosial media, relasi Kamu seperti keluarga atau teman, bisa membagikan (share) postingan produk Kamu atau bisa juga repost yang akan membantu untuk memperluas audiens Kamu.


Nah, itu saja dia cara jualan online tanpa modal dan stok barang yang bisa Kamu terapkan. Kamu juga bisa menghasilkan uang dari shopee dan berjualan di shopee untuk pemula agar cepat laku.

Ingat membuat bisnis online itu sangat mudah, yang susah itu adalah mempertahankan bisnis tersebut. Jadi yang tim paltycox.com sarankan, bagi Kamu yang pemula harus konsisten. Memang awal-awal, 1 sampai 2 bulan penghasilan belum terasa, nanti pas memasuki bulan ke 4 baru penghasilan dari dropshipper ini baru terasa.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih. Selamat mencoba!!!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama