Memiliki pengetahuan cara memeriksa komponen listrik pada kulkas akan membantu seseorang yang punya keinginan bisa memperbaiki kulkas sendiri, bahkan tidak menutup kemungkinan kalau keterampilan ini juga bisa dimanfaatkan menjadi sumber usaha.

Jaringan sirkuit  kelistrikan kulkas 1 pintu umumnya terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut: OLP, relay, saklar lampu, lampu dan heater, posisi tiap tiap komponen dalam sirkuit bisa dilihat pada skema kelistrikan kulkas satu pintu yang ada disini Sebagai kelanjutan dari artikel terdahulu ”Cara memeriksa kerusakan kompresor kulkas” kali ini saya akan membahas satu persatu  fungsi dan cara memeriksa komponen-komponen kelistrikan yang terdapat pada kulkas 1 pintu secara mendetail

OLP ( Over Load Protektor), OLP gunanya adalah untuk melindungi motor kompresor dari kelebihan beban kerja akibat arus yang melebihi batas. Arus yang naik diluar batas ini bisa dikarenakan oleh adanya kerusakan pada bagian mekanik kompresor seperti rotor yang macet, shaft yang bengkok, piston yang macet dan lain-lain.

Kenaikan arus dari batas normal akan menyebabkan sirkuit menjadi panas bila tidak diatasi bisa berujung dengan kebakaran., untuk itulah maka dipergunakan OLP agar sumber listrik ke jaringn terputus sebelum terjadi kebakaran.

Prinsip kerja OLP adalah dengan memanfaatkan sifat metal bimetalik yang dapat menjadi bengkok jika dipanaskan, metal bimetalik adalah sebuah flat yang dibentuk  dari dua jenis metal yang memiliki koofesien panas yang berbeda.

Karena koofesien panas nya berbeda maka sifat memuainya juga berbeda sehingga bila mendapat panas komponen bimetalik akan berubah bentuk dari keadaan lurus menjadi bengkok. Perubahan bentuk ini dimanfaatkan menjadi alat pemutus dan penyambung rangkaian, perhatikan ilustrasi cara kerja OLP pada gambar dibawah ini:



Cara memeriksa OLP

Siapkan sebuah multimeter, tempatkan selektornya pada skala tahanan ( Ohm), bilamana perlu lakukan penyetelan zero, caranya tempelkan probe multimeter satu dengan yang lain lalu setel angka pada multimeter agar menunjuk pada angka nol.

Tempelkan probe positip daripada multimeter pada salah satu kaki terminal OLP dan probe negative pada kaki OLP lainnya, amati multimeter harus menunjuk pada angka nol, jika tidak berarti OLP rusak, ingat bahwa dalam keadaan normal kontak  OLP harus tertutup ( closed loop). Jika hasil pemeriksaan ini menyatakan OLP bagus lanjutkan ke langkah berikutnya

Kita akan memeriksa kerja OLP dengan memberi efek panas yaitu dengan mendekatkan  lilin yang menyala ke bagian sensor OLP


OLP kulkas 1 pintu posisi normal
Dekatkan sumber panas pada sensor OLP untuk beberapa saat, 20 sampai 30 detik atau hingga terdengar bunyi klik yang menandakan kontak OLP aktip alias berubah status dari tertutup ( closed) menjadi terbuka ( open), berbarengan dengan itu multimeter akan berubah dari indikasi nol Ohm menjadi maksimum Ohm.

OLP kulkas 1 pintu posisi over heating
Masih dalam posisi multimeter terpasang pada terminal OLP jauhkan api lilin, tunggu beberapa saat kira-kira 15 detik atau lebih hingga terdengar lagi bunyi klik dan indikasi multimeter berubah dari maksimum Ohm menjadi nol Ohm.
– Ulangi kedua langkah diatas beberapa kali untuk labih meyakinkan bahwa OLP kondisinya bagus dan bisa dipasang pada rangkaian listrik kulkas yang sedang diperbaiki.

Therrmostat.
Thermostat adalah komponen yang berfungsi sebagai pengatur temperature kulkas, cara kerjanya yaitu sebagai berikut; Thermostat memanfaatkan sifat gas yang dapat berubah tekanan manakala gas didinginkan.
Cara kerja Thermostat.
Jika sensor ditempatkan pada lingkungan bersuhu rendah maka gas di dalam sensor akan menurun tekanan nya, perubahan ini dapat menyebabkan kontak mikroswitch pada thermostat  berubah status dari keadaan tertutup (closed) menjadi terbukaa ( open). Semakin turun suhu yang mengenai sensor maka akan semakin turun tekanan gas didalamnya, knob adalah bagian yang memberi batasan pada tekanan berapakah kontak mikroswitch akan berubah atau dengan kata lain dengan knob itu perubahan kontak thermostat dapat disetel. Semakin tinggi angka yang di set oleh Knob maka akan semakin rendah temperature yang dibutuhkan untuk merubah kondisi mikroswitch. Aplikasinya pada kulkas, jika kita ingin menyetel temperature kulkas agar lebih dingin maka kita harus menaikan setelan knob ke angka yang lebih tinggi, bukan malah sebaliknya.

Cara memeriksa thermostat.
– Siapkan multimeter dan semangkok es batu.
– Pasang probe multi meter pada terminal thermostat.
– Dalam keadaan posisi knob thermostat pada posisi “Off” amati multimeter harus menunjukkan angka nol Ohm.
– Putar knob ke angka 1 lalu masukkan sensor thermostat pada mangkok yang berisi potongan batu es, amati  angka pada multimeter, jika thermostat bagus maka  setelah beberapa saat angka pada multimeter akan berubah dari nol Ohm ke maksimum Ohm.
– Keluarkan sensor thermostat dari mangkok es agar temperature yang mengenai sensor thermostat naik, tunggu beberapa saat, jika thermostat bagus maka penunjukkan pada multimeter akan kembali dari maksimum Ohm menjadi nol Ohm.


Thermostat kulkas 1 pintu
Lanjutkan pemeriksaan, kali ini putar knob thermostat ke angka 2,  masukkan lagi sensor pada mangkok es, tunggu beberapa saat, kali ini harus lebih lama dari pengetesan sebelumnya,  karena sensor perlu menerima efek lebih dingin daripada ketika knob disetel pada angka 1. Jika thermostat bagus maka akan ditunjukkan dengan berubahnya angka pada multimeter dari nol Ohm menjadi maksimum Ohm. Perubahan angka multimeter dari nol Ohm ke maksimum Ohm ini tiada lain adalah karena terjadinya perubahan status kontak pada microswitch, nol Ohm berarti kontak tertutup ( closed loop)  maksimum Ohm berarti kontak terbuka ( open loop). Peubahan kontak inilah yang menghubungkan dan memutuskan aliran listrik  dari sumber listrik ke jaringan kelistrikan kulkas atau tepatnya ke kompresor kulkas. Untuk lebih jelas silahkan lihat skema rangkaian listrik kulkas 1 pintu download disini

Relay.
Relay pada sistim kelistrikan kulkas berfungsi sebagai switching yang dapat menagalihkan aliran arus ke kumparan kompresor, apakah arus harus mengalir ke kumparan primer ( S ) atau mengalir ke kumparan sekunder ( R) Silahkan lihat lagi gambar skema kelistrikan kulkas agar bisa lebih mudah memahami prinsip  kerja relay kulkas ini. Pada saat pertama kali kulkas dihidupkan kompresor memerlukan torsi yang besar agar rotor bisa bergerak dari keadaan diam. Untuk keperluan ini gulungan sekunder yang harus bekerja, kemudian setelah motor berputar artinya sudah ada arus yang mengalir maka arus yang mengalir ini akan menarik koil relay sehingga kontak relay berpindah (switching), perpindahan ini menyebabkan aliran sumber listrik berpindah dari  kumparan Sekunder ke  kumparan Running untuk selanjutnya kompresor terus bekerja dan berputar dengan kumparan running, hanya jika sumber arus diputus maka kompresor akan berhenti dan kontak pada relay akan kembali seperti semula.

Cara memeriksa relay.
– Siapkan sebuah multimeter, tempatkan selektornya pada skala tahanan ( Ohm), bilamana perlu lakukan penyetelan zero, caranya tempelkan probe multimeter satu dengan yang lain lalu setel angka pada multimeter agar menunjuk pada angka nol.
– Letakkan satu probe multimeter pada terminal R dan satu probe lainnya pada baud ground yang ada di body relay, hasil pengukuran ini harus menunjukkan nol Ohm, jika tidak berarti relay rusak, bila hasilnya nol Ohm berarti relay bagus lanjutkan ke langkah berikutnya.
– Letakkan sartu probe pada terminal S dan satu probe lainya pada terminal R lalu putar posisi relay sehingga bagian atas ada di bawah dan bagian bawah ada di atas ( lihat gambar), juka relay bagus maka akan terlihat adanya eperubahan nilai tahanan yang semula nol Ohm menjadi maksimum Ohm, ulangi langkah ini beberapa kali untuk lebih meyakinkan kalau relay dalam keadaan bagus dan bisa dipakai.

Demikian cara memeriksa relay kulkas untuk lebih memahami bagaimana relay terpasang pada rangkaian kulkas silahkan lihat skema kelistrikan kulkas satu pintu download disini

Lampu dan saklarnya.
Lampu yang terpasang dibagian dalam kulkas memiliki spesifikasi khusus yaitu tahan pada keadaan dingin, adapun fungsinya yaitu untuk menerangi ruangan kulkas. Agar lampu ini bisa awet  maka disdesain sedemikian rupa sehingga lampu hanya menyala apabila pintu kulkas terbuka. Untuk mengontrol mati ddan nyalanya lampu ini dipasang sebuah saklar yang dihubungkan secara mekanis ke bagian pintu. Kontak pada saklar akan terbuka jika pintu ditutup dan sebaliknya kontak saklar akan tertutup jika pintu di buka. Berikut ini adalah cara memeriksa saklar dan bohlam lampu.

Memeriksa lampu.
– Siapkan multimeter.
– Letakkan probe mitimeter pada bagian positip dan satu probe lainnya pada bagian negatip lampi , jika lampu masig bags maka nilai tajana pada multimeter akan menunjukkan angka Nol Ohm senaliknya jika lampu putus atau rusak maka multimeter akan menunjukkan angka maksimum Ohm,


Memeriksa saklar
– Siapkan multimeter.
– Letakkan probe multimeter sati pada salah satu kaki saklar dan probe yang satunya pada satu kaki saklar yang lain
– Dengan kondisi tombol saklar tidak ditekan lihat nilai Ohm pada multimeter harus menunjukkan angka maksimum Ohm, lalu tekan tombol pada saklar dan amati nilai Ohm pada multimeter harus berubah dari angka maksimum Ohm menjadi nol Ohm. Jika tidak terjadi perubahan berarti saklar sudah rusak.

Saklar kulkas
Setiap kerusakan yang  terjadi pada komponen komponen kulkas tersebut sebaiknya diganti dengan yang baru, ingat pada saat penggantian spesifikasi komponen pengganti harus sama dengan spesifikasi komponen yang rusak  atau dapatkan equivalennya.

Kulkas adalah barang elektronika yang didalamnya tidak memiliki banyak komponen elektronika sehingga lebih mudah untuk menelusuri kerusakannya,  oleh karena itu sebenarnya memperbaiki kulkas dapat dilakukan oleh siapa saja  tidak seperti halnya barang elektronika lain  seperti  microwave, televisi atau HP,  barang-barang ini banyak komponen elektroniknya seperti tahanan, diode bahkan IC  yang rumit-rumit.

Dengan demikian setelah memahami sistim kelistrikan pada kulkas,  seseorang yang berminat untuk menjadi teknisi servis kulkas  atau bagi yang tertarik ingin punya usaha bengkel kulkas, bisa segera mewujudkannya, order servis kulkas tidak pernah sepi karena sekarang ini hampir semua rumah memiliki kulkas dan semua kulkas pasti ada saatnya kehabisan freon, selain tentu saja banyak kerusakan lain yang memerlukan jasa tukang reparasi kulkas.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama