Beberapa bagian televisi sering mengalami kerusakan, sehingga tidak salah kalau menganggap bagian ini merupakan daerah yang rentan dan rawan akan gejala rusak. Yang mana kalau kita melihat kerusakan pada TV kebanyakan adalah mati total, tidak ada gambar, gambar gelap, gambar buram/ blur, tidak ada suara, cacat warna, dsb
Nah beberapa bagian penting pada pesawat televisi yang sering mengalami kerusakan perlu diketahui untuk mengantisipasi kalau terjadi tv rusak dan meminimalisir penyebab terjadinya kerusakan tersebut.


Umumnya televisi rusak karena beberapa faktor, misalnya karena temperatur yang terlalu panas, karena terkena air, karat, lonjakan tegangan, dll.


Bagian yang sering rusak tersebut tidak sama pada setiap televisi bergantung dari merk dan usia dari TV tersebut. Berikut ini misalnya beberapa tempat yang sering saya temukan mengalami kerusakan dan gejala yang ditimbulkan apabila bagian tersebut rusak.

1. Bagian power supply, televisi akan mati total atau nyala sebentar kemudian mati

- Kerusakan yang sering terjadi pada bagian power supply/regulator adalah : Transistor regulator dan transistor drivernya berikut adalah macam-macam transistor regulator :
  • 2sd1885, 2sd1710, 2sd1402, 2sd1403, 2sd1430, 2sd1431, 2sd1432, 2sd1433 klik disini untuk lebih jelas.
  • Untuk transistor driver regulator yang sering dipakai adalah : D400, C2566, C3807 


2. Bagian horizontal, televisi akan mati atau tidak mengeluarkan gambar pada layar.Untuk bagian horizontal komponen yang sering rusak adalah.
  • Flyback : untuk data flyback klik disini
  • Transistor horizontal  : Transistor yang sering dipakai : 2sd2499, 2sd1877, 2sd1555, 2sd2523, 2sd2524, 2sd2550, atau klik disini untuk lebih detail.
  • Condensator tegangan tinggi, nilai condensator yang sering di pakai : 912 /2kv, 862 /2kv, 183 /2kv, 681 /2kv dll.
  • Devleksi atau Yoke.

3. Bagian Vertikal, televisi akan mati atau menampilkan garis datar pada layar. pada bagian ini komponen yang sering rusak adalah :
  • Ic vertikal
  • Elco , elco ini biasanya terletak dekat ic vertikal, elco yang sering mati nilainya : 1000 uf/25v, 100 uf/35v.
  • Devleksi atau Yoke

4. Bagian tuner, televisi akan tidak dapat menangkap siaran. 




Pada bagian tuner yang sering trouble adalah tegangan VT 33v dan tegangan agc, pada tegangan tv biasanya ada resistor yang rusak / mati, kadang juga ada elco yang bocor atau nilainya berkurang 

5. Bagian kop flyback atau karet yang menutup anoda ke crt,

Televisi akan mengeluarkan bunyi berisik karena tegangan anoda bocor rusak cacat gambar atau ada interferensi, biasanya karena ada bagian komponen listrik yang berkarat atau terkena air.
Dan masih banyak lagi sebenarnya. Tiap-tiap merek televisi umumnya memiliki ciri khusus kerusakan yang tidak sama dengan merk lainnya. Untuk kerusakan lain yang lebih banyak lain waktu akan saya tulis di blog ini dan akan terus saya update apabila memungkinkan. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama