Cara Mengatasi Hp Hang, Mati Hidup Sendiri

Cara Mengatasi Hp Mati Hidup Sendiri - Apakah Kamu pernah mengalami hp yang tiba tiba langsung mati? Bagi sebagian orang, hp merupakan alat komunikasi dan sebagian lagi mereka menganggap hp sebagai ladang uang untuk mencari kekayaan. Misalnya supir taksi (gojek) dan penulis lepas.

Bahkan ada juga yang menggunakan hp untuk bermain game sebagai hiburan. Dan sebagian lagi hp adalah teman setia mereka yang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Nah, itulah pentingnya hp menurut anggapan orang.

Jadi, bagaimana jika hp menjadi hang seperti halnya mati dan hidup sendiri? Hal seperti ini sering terjadi karena hampir semua barang teknologi mempunyai kekurangan dan juga kelemahannya masing-masing.

Kamu tidak perlu merasa khawatir, karena paltycox.com akan menyediakan artikel cara mengatasi hp mati hidup sendiri, baik itu hp yang sudah baterai tanam maupun yang baterai non tanam.

Cara Mengatasi Hp Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam dan Non Tanam

Sekarang ini, produksi baterai hp sudah kebanyakan baterai tanam, karena memiliki keunggulan seperti meminimalisir masuknya air. Dibandingkan baterai hp yang non tanam sering kemasukan air karena body nya tidak terlalu rapat.

Untuk mengatasi hp yang hang dalam kondisi mati hidup sendiri, ada beberapa cara yang dapat Kamu lakukan tanpa harus membawa ke tukang servis.

1. Lepaskan Baterai

Untuk Kamu yang masih menggunakan hp yang model baterai non tanam. Hal ini menjadi cara yang lebih praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu cukup melepaskan baterai hp Kamu, hal ini bertujuan untuk mengurangi aliran listrik di hp Kamu yang kurang maksimal.

Tunggu beberapa saat dan pasang kembali baterai Kamu seperti semula dan nyalakan hp Kamu.

2. Memory Penuh

Setiap hp memiliki kapasitas RAM dan CPU yang berbeda-beda untuk mempengaruhi kinerja hp.

Ketika Kamu melakukan penggunaan dari beberapa aplikasi, hal tersebut akan membuat kinerja hp Kamu turun. Jika hal itu terjadi secara terus menerus, dampaknya hp Kamu akan menjadi hang dan bisa mati hidup sendiri.

Jadi, apa yang harus dilakukan ?

  1. Kamu harus lebih bijak dalam melakukan instalasi aplikasi
  2. Hapus aplikasi yang menurut Kamu tidak penting dan jarang Kamu gunakan
  3. Jangan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan
  4. Jangan simpan semua file ke dalam memory internal

Kamu bisa menyimpan beberapa file di memory eksternal, jadi hal ini harus Kamu persiapkan.

3. Banyak Cache yang Tidak di Hapus

Cache merupakan sampah dari jejak elektronik dari setiap kegiatan yang dilakukan pada hp tersebut. File cache tersebut akan menjadi berukuran besar ketika penggunaan hp intens.

Semakin besar file cache maka penggunaan memory internal akan semakin banyak dan kapasitas berkurang. Tentu saja hal ini akan memperlambat kinerja hp Kamu dan bisa menyebabkan hp Kamu mati hidup sendiri.

Sebaiknya Kamu perlu menghapus file cache di hp Kamu secara berkala. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi penghapus cache yang tersedia di google playstore.

4. Sistem HP Error

HP Kamu bisa hang dan mati hidup sendiri karena sistem hp yang error. Maka Kamu perlu melakukan install ulang hp.

5. Update Sistem Android

Selanjutnya, Kamu bisa melakukan update sistem android untuk mengatasi hp mati hidup sendiri. Sistem android yang tidak update membuat hp Kamu tidak dalam keadaan maksimal untuk melakukan kinerja nya.

Buka pengaturan pada hp dan buka about phone, pilih identitas ponsel atau hp dan cek versi sistem android. Jika ada notifikasi update sistem, silahkan tekan update sistem tersebut maka secara otomatis Kamu telah melakukan update sistem android.

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan juga Kamu harus terhubung ke internet dan membutuhkan banyak kuota.


Nah, itu saja cara mengatasi hp mati hidup sendiri di baterai tanam maupun non baterai tanam yang bisa Kamu lakukan sendiri. Jika masalah tersebut belum kelar, segeralah pergi ke ahli nya yaitu tukang servis hehehehe. Sekian dan Terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama