Pakistan mulai membidik pasar Indonesia yang dinilai potensial untuk memasarkan produk-produk kerajinan dari negara yang terletak di kawasan Asia Selatan tersebut.

"Secara tradisional, Pakistan telah mengekspor sejumlah produk seperti gula dan beras ke Indonesia, menyadari besarnya potensi pasar di Indonesia, kami mencoba memperkenalkan produk kerajinan untuk dipasarkan di sini," kata Javaid Shaheen dari Promotion of Pakistan Handicraft, kedutaan besar Pakistan di Indonesia, Selasa.

Ditemui dalam acara Asian-African Trade Fair yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta, Shaheen mengatakan potensi pasar di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 200 juta jiwa hingga 250 juta jiwa cukup menarik dan mempunyai prospek yang baik dalam mengembangkan usaha pemasaran produk kerajinan negara yang dipimpin Presiden Pervais Musharraf itu.

Produk kerajinan yang diperkenalkan dalam pameran tersebut antara lain karpet, patung gajah dan hiasan yang terbuat dari perunggu serta kain tirai.

"Masyarakat Indonesia memiliki nilai seni yang cukup tinggi, oleh karena itu kami percaya produk-produk kami dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Kami ingin menerobos pasar kelas menengah, melihat di segmen ini perkembangannya cukup menjanjikan," kata Shaheen.

Sementara itu ketika disinggung tentang persaingan produk kerajinan Pakistan dan produk kerajinan Indonesia, Erum Javaid yang juga berasal dari Pakistan Handicraft Promotion mengatakan persaingan tersebut diperkirakan tidak akan terjadi karena perbedaan pola dan bahan baku.

"Kerajinan dari Indonesia sebagian besar berbahan baku kayu dan perak, sedangkan kerajinan kami sebagian besar berbahan baku perunggu dan kaca. Dari segi motif pun berbeda. Mudah-mudahan dapat menarik minat masyarakat. Terlebih produk kami harganya tidak terlalu mahal dengan mutu yang baik, mulai dari Rp20.000," katanya.

Hingga hari kedua pelaksanaan Trade Fair tersebut, meski tidak memiliki target transaksi, Shaheen menyatakan setidaknya sudah ada 10 calon mitra yang menyatakan tertarik dan mempunyai komitmen untuk melakukan kerjasama penjualan produk kerajinan Pakistan di Indonesia.

"Kami memang membuka peluang sebesar-besarnya bagi mitra dari Indonesia untuk melakukan kerjasama memasarkan produk kerajinan ini. Mereka akan kami beri kontak untuk memesan produk kerajinan sehingga dengan cepat mereka bisa memasarkan dan mendapatkan keuntungan," ungkapnya.

Baik Shaheen maupun Erum mengatakan pihak kedutaan besar Pakistan mendukung penuh usaha perluasan pemasaran produk kerajinan Pakistan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama