Saat akan bepergian dengan menggunakan pesawat terbang tentu saja kita menginginkan bandara yang kita singgahi atau tempat keberangkatan adalah bandara yang menyenangkan. Apa saja yang membuat sebuah bandara menjadi menyenangkan bagi semua pengguna jasa penerbangan? Mungkin peralatannya yang serba modern, arealnya yang bersih dan segar, pelayanan petugasnya yang cepat, terampil dan ramah, atau tarif jasa yang relatif murah termasuk harga produk yang biasanya ditawarkan di toko-toko yang berada dalam ruang tunggu bandara. Baru-baru ini diadakan sebuah survey oleh Skytrax untuk memilih 10 Bandara Internasional terbaik di dunia. Dan, sayang sekali tidak satu pun bandara di Indonesia termasuk dalam 10 bandara terbaik di dunia yang sudah terpilih itu.


10 Bandar Udara terbaik di dunia


Bandara Incheon di Seoul, Korea Selatan dipilih sebagai bandara terbaik di dunia, dan enam bandara Asia masuk kategori 10 terbaik.


Bandara internasional Hong Kong berada di posisi kedua, sementara Changi di Singapura di tempat ketiga, berdasarkan survey yang dilakukan oleh kelompok konsultan Skytrax yang bermarkas di Inggris. Badan itu mewawancarai 8,6 juta penumpang di 190 bandara tentang pengalaman mereka, mulai dari cek-in, keberangkatan, transfer sampai kedatangan.


Enam bandara Asia masuk dalam kategori terbaik 10, selain bandara di Zurich, Munich, Amsterdam dan Auckland, Selandia Baru.


Skytrax mengatakan berdasarkan survey itu, hasil untuk tiga bandara terbaik dunia, sangat ketat, dan mereka hampir mencapai kebuntuan. Hong Kong mendapatkan penghargaan itu tahun lalu. CEO Skytrax, Edward Plaisted mengatakan Incheon berada dalam posisi "lima terbaik untuk Penghargaan Bandara Dunia selama lima sampai enam tahun terakhir, dan langkah itu merupakan capaian besar untuk kepuasan penumpang."


Bandara Incheon, yang terletak 60 kilometer dari Seoul, dibuka tahun 2001 untuk mengganti bandara Kimpo sebagai pintu masuk internasional ke Korea Selatan. Bandara itu hanya satu-satunya dari tiga bandara di Korea Selatan yang mencatat keuntungan. Tahun 2006, bandara itu merupakan yang kesebelas tersibuk di dunia untuk penumpang internasional.


Di kawasan lain, Cape Town diangkat sebagai bandara terbaik di Afrika, Zurich di Eropa, dan Tel Aviv menang untuk bandara di Timur Tengah. Dallas/Forth Worth menduduki tempat teratas di Amerika Serikat dan Lima di Amerika Selatan serta bandara Panama di Amerika Tengah.


Skytrax mengatakan Dubai memilki pertokoan bebas bea terbaik dunia, Hong Kong dengan restoran terbaik, Helsinki dengan pengaturan bagasi terbaik, sementara Kansai di Jepang memilki toilet terbersih.


Bandara Heathrow di London tidak masuk dalam kategori penghargaan terbaik. Namun mendapatkan "tiga bintang" dalam rangking Skytrax, disamping bandara lain termasuk Abu Dhabi, Bangkok dan Johannesburg.


Adapun hasil selengkapnya untuk gelar 10 Bandara terbaik di dunia tersebut adalah sebagai-berikut :



- Incheon International






- Hong Kong International




- Singapore Changi




- Zurich



- Munich



- Kansai



- Kuala Lumpur



- Amsterdam



- Central Nagoya



- Auckland




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama